Villa Kalangenan

Bangunan 3 lantai bergaya Country dengan konsep natural, perpaduan bata expose, warna kayu, kolam ikan dan tanaman hijau membuat bangunan ini terlihat cantik di tengah suasana persawahan.

Dengan luas area + 800 m2, kontur tanah terbagi menjadi dua elevasi dengan beda tinggi + 3,5 m. Struktur utama yang digunakan adalah kombinasi beton bertulang dan kayu. Pada bagian pondasi menggunakan kombinasi strauss pile dan telapak. Atap utama yang digunakan berbentuk pelana dengan tambahan atap yang lebih kecil di sampingnya. Plafond dibiarkan expose dengan visual bilik bambu. Pada dinding menggunakan bata expose sedangkan seluruh kusen dan pintu menggunakan kayu. Tangga menggunakan struktur beton bertulang dengan finishing batu alam dan railing kayu.

Halaman utama dibuatkan saung (gubug kecil) konstruksi kayu dan kolam berukuran + 200 m2. Saung ini untuk memperkuat suasana pedesaan dan dengan adanya kolam yang cukup luas mewakili unsur air pada bangunan yang akan berpengaruh positif dengan manfaat sebagai berikut :

  1. Secara psikologis emberikan efek menenangkan
  2. Menurunkan suhu udara sehingga area sekitar terasa lebih sejuk
  3. Meningkatkan estetika bangunan

Kolam tersebut juga difungsikan untuk pemancingan dan budidaya ikan air tawar lokal seperti ikan mujair, ikan mas dan ikan gurame.

Halaman belakang berbeda elevasi dengan halaman depan, area perkerasan difungsikan sebagai tempat parkir yang dapat menampung + 8 bh mobil, sedangkan area hijau merupakan halaman rumput yang difungsikan untuk kegiatan outdoor.

Pada area depan ditanami pohon buah produktif seperti manga, belimbing bintang dan jambu biji,  sedangkan area belakang ditanami pohon buah produktif seperti papaya, belimbing sayur dan kelapa. Secara keseluruhan memberikan kesan alami dan asri.

Lt. Dasar

Digunakan untuk dapur basah, area service, dan tempat penyimpanan sementara hasil berkebun. Lantai ini berada di elevasi yang lebih rendah dari jalan.

Lt. 1

Pada area ini didesain sebagai tempat berkumpul utama, tersedia 2 ruang kamar mandi, dapur kering, balkon dan perapian. Struktur lantai menggunakan pelat beton bertulang dengan finishing screed beton kombinasi list kayu.

 

Lt. 2

Area ini didesain sebagai tempat istirahat utama, tersedia 2 kamar tidur, ruang tengah sebagai tempat berkumpul, 2 ruang kamar mandi dan perapian. Struktur lantai menggunakan kayu dengan penutup lantai vinyl motif kayu.

Lt. 3

Difungsikan sebagai ruangan serba guna, tanpa sekat partisi. Struktur lantai menggunakan kayu dengan penutup lantai vinyl motif kayu.

Kamar mandi didesain tradisional modern dengan ciri khas bak penampung air dan closet duduk / jongkok. Lantai finishing batu alam dengan dinding keramik.

Villa ini sangat cocok dan sering dijadikan tempat berkumpul keluarga maupun kerabat yang mencari suasana alam pedesaan yang tenang, alami dan asri.

Tempat ini milik Keluarga Besar Drs. Mudjihardjo – Tjitjih Rusmini, berlokasi di Jl. Lebakjati-Rancakalong, Desa Pasir Biru, Rancakalong, Kab. Sumedang, dapat dijangkau + 45 menit dari Pintu Tol Cileunyi atau anda dapat mengaksesnya melalui google map dengan link berikut :

https://goo.gl/maps/JPwWHNtqGQB2

2 Replies to “Villa Kalangenan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *